Polres Blitar Gelar Sosialisasi Hukum Dengan PERGUNU

indonesiasatu, 16 Dec 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

Blitar - Polres Blitar bekerja sama dengan Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PERGUNU) Kab Blitar Wilayah Timur menggelar sosialisasi hukum bagi pendidik untuk mewujudkan sekolah yang ramah anak dari Polres, di halaman Ponpes Al-Falah Desa Jeblok  Kecamatan Talun, Senin (16/12/19).

Gelaran ini menghadirkan narasumber dari Polres Blitar yang diwakili oleh Kasubag Hukum, Iptu Supriadi, SH dan Kanit PPA, Ipda Linartiwi, SH. Turut hadir pengurus Pergunu, Pengasuh Ponpes Al-Falah dan Guru MI, SDI, SMPI, MTs se-Kabupaten Blitar wilayah Timur.

Kasubag Hukum, Iptu Supriadi, dalam penjelasanya mengatakan, pentingnya kesadaran hukum bagi pendidik atau guru untuk mewujudkan sekolah yang ramah anak. Disamping itu, sebagai pendidik yang ramah anak harus tahu dasar hukum maupun pengertiannya.

"Harus tahu difinisi dari guru maupun anak bila terjadi permasalahan antara guru dan anak, serta bagaimana cara mengatasi bila anak sekolah berhadapan dengan hukum. Berkaitan dengan ini ada pasal yang diterapkan tentang pendidik untuk ramah anak antara lain: KUHP, UU ITE, Perlindungan anak, SPPA dan PP RI No. 19 Th 2017 Tentang Guru, " terang Kasubag Hukum.

Umi Shayida, S.P Guru MI Desa Papungan Kecamatan Kanigoro Blitar menanyakan tentang apa batasanya usia anak untuk dilakukan diversi bila melakukan tindak pidana. Serta Moch Zaenal Abidin, S.Pd guru MI Asri Panggungrejo1 menanyakan langkah atau upaya untuk melakukan mencegah terjadinya penipuan lewat SMS atau Mendia Online.

"Tetap di lakukan pengalihan penyelesaian perkara anak dari proses peradilan pidana ke proses di luar peradilan pidana (diversi) yang ancaman hukuman 7 tahun keatas serta melakukan perbuatan berulang, tetap diproses sampai dengan ke persidangan. Untuk pertanyaan kedua, petugas sudah melakukan upaya penyuluhan tentang UU ITE ke jajaran Kecamatan, IPNU/IPPNU, Sekolahan MTs, Desa serta juga dari Babinkamtibmas," jawab Kasubag Hukum, Iptu Supriadi.(BM/T0N)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu